Wed. Nov 25th, 2020

Surat lamaran kerja merupakan perantara antara pencari kerja dengan penyedia lapangan kerja atau perusahaan. Contoh surat lamaran kerja merupakan salah satu syarat wajib yang harus diajukan ketika seseorang ingin mendaftar pada sebuah perusahaan tertentu yang sedang merekrut karyawan. Namun sayangnya, masih banyak para pelaku kerja yang belum memahami dengan baik bagaimana struktur surat lamaran kerja yang benlar. Akibatnya kesempatan untuk diterima hilang begitu saja karena kesalahan dalam penulisan surat lamaran.

www.masukuniversitas.com

Surat lamaran kerja tidak hanya menjadi sebuah permohonan kerja semata, namun juga menjadi deskripsi bagaimana kepribadian anda. Selain itu melalui contoh surat lamaran kerja HRD akan mudah mengetahui berapa banyak pengalaman anda di dunia kerja. Oleh karena itu mengerti dan memahami tentang penulisan struktur pembuatan surat lamaran menjadi hal penting. Berikut struktur penulisan surat lamaran kerja yang benar:

  1. Bagian pembuka

Pada bagian pertama pembuka surat berisi tentang tempat dan tanggal pembuatan surat. Jangan lupa untuk menulis nama kota dan bulan yang harus diawali dengan huruf capital. Kedua yakni perihal surat yang menunjukkan apa alasan anda mengirimkan surat tersebut. Pada umumnya perihal ini diisi dengan kata ‘lamaran kerja’. Ketiga adalah lampiran, yaitu berkas tambahan lain yang anda sertakan seperti foto copy ijazah, sertifikat dan lainnya. Keempat adalah kalimat yang dituju, yakni alamat perusahaan yang anda lamar. Dan yang kelima adalah kalimat pembuka.

  1. Isi surat

Isi surat diisebut juga dengan inti. Pada bagian inti struktur surat lamaran ini anda akan menyampaikan beberapa hal. Diantaranya seperti darimana anda mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang anda lamar, posisi yang ingin anda tempati, serta identitas diri anda.

  1. Penutup surat

Penutup juga menjadi bagian struktur surat amaran kerja yang tidak boleh anda abaikan. Pada bagian penutup terdapat beberapa aspek penting, meliputi harapan anda terkait pekerjaan yang diinginkan, kalimat penutup, tanda tangan serta nama terang. Jangan lupa untuk memberkan pernyataan bahwa surat lamaran tersebut dibuat dengan sebenar-benarnya serta ucapan terima kasih.

Mengetahui struktur pembuatan surat lamaran kerja adalah hal yang penting untuk diketahui terutama bagi para pelamar kerja. Selain untuk mempermudah dalam proses pembuatan surat lamaran. Memahami struktur contoh surat lamaran kerja dengan baik bisa menjadi tolak ukur niat anda dalam mendpatkan pekerjaan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *